3 Uang Logam berlapis Emas yang pernah dirilis BI

Uang yang beredar luas di masyarakat umum biasanya digunakan sebagai alat transaksi sehari-hari, namun ternyata Indonesia pernah mengeluarkan uang khusus (URK) yang dirilis oleh BI, uang ini berbahan baku dari emas dan perak namun tidak diedarkan kepada masyarakat umum sebagai mana uang koin lainnya, walaupun resmi dan sah sebagai alat tukar uang koin khusus yang dibuat dalam jumlah terbatas ini lebih ditujukan untuk tujuan tertentu misalnya untuk koleksi atau souvenir/oleh-oleh atau juga dalam rangka memperingati peristiwa penting.

Peristiwa penting yang dimaksud diantaranya dalam rangka 25 tahun kemerdekaan RI, 50 tahun kemerdekaan RI, seri cagar alam, seri perjuangan angkatan 45, seri save the children ataupun seri 10 tahun pemimpin RI.

Karena dibuat secara khusus nilai nominalnya pun tidak seperti uang logam lainnya yang beredar dimasyarakat. Pada uang khusus ini diantaranya ada yang bernominal Rp 2 ribu, Rp 5 ribu, Rp 10 ribu, bahkan yang bernilai ratusan ribu Rp 100 ribu juga Rp 850 ribu. Berikut 3 uang logam khusus yang memiliki nominal tinggi:

1. Uang Logam Rp 100 Ribu

Uang Logam Rp 100 Ribu
Uang Logam Rp 100 Ribu
Uang logam ini termasuk kedalam uang khusus dengan seri Cagar Alam, uang tersebut dirilis BI tahun 1974 dengan nilai nominal Rp 100 ribu. Uang pecahan ini terbuat dari emas dengan kadar 900/1000 untuk kualitas proof dan non-proof dengan berat 33,44 gram.

Bagian depan terdapat gambar lambang negara Burung Garuda Pancasila dengan tulisan ‘Bhineka Tunggal Ika’ juga ‘Bank Indonesia’ yang disusun setengah lingkaran, dengan angka tahun penerbitan ‘1974’. Sementara di bagian belakang terdapat gambar komodo juga nilai nominal dari uang tersebut, serta bergerigi di bagian sisinya.

2. Uang Logam Rp 300 Ribu

Uang Logam Rp 300 Ribu
Uang Logam Rp 300 Ribu

Uang logam ini masuk kedalam kategori uang khusus dengan seri Demokrasi yang dirilis BI tahun 1995, dengan nominal Rp 300 ribu terbuat dari logam emas dengan kadar 23 karat, dengan ukuran diameter 25mm, ketebalan 1,85 mm dan berat 17 gram.

Di bagian depan terdapat gambar lambang negara Burung Garuda Pancasila, dengan tulisan ‘Bank Indonesia’, tahun penerbitan ‘1995’, nilai nominal 300000 Rupiah, serta 50 buah bintang yang melingkari gambar utama.

Sementara bagian belakang terdapat gambar Presiden Soeharto sedang temu wicara dengan masyarakat, dibagian atas terdapat logo DHN-45, dibagian bawah gambar utama terdapat tulisan ‘50 Tahun RI' , serta untaian 50 butir padi yang melingkari gambar utama.

Di bagian samping terdapat lima garis di empat tempat berbeda, tulisan ‘17 g’, logo Perum Peruri serta nomor seri yang terdiri dari lima angka.

3. Uang Logam Rp 850 Ribu

Uang Logam Rp 850 Ribu
Uang Logam Rp 850 Ribu

Uang logam ini masuk kedalam kategori uang khusus dengan seri Republik Indonesia dirilis tahun 1995 dengan nilai nominal Rp 850 ribu.

Uang dengan nominal yang cukup tinggi ini memiliki bahan yang gak main-main, logam emas berwarna kuning ini memiliki berat 50 gram terbuat dari emas dengan kadar 23 karat dengan ukuran diameter 35 mm, ketebalan 2,78 mm.

Di bagian depan terdapat gambar Lambang Negara Burung Garuda Pancasila yang dilingkari 50 buah bintang di bagian sisi, serta terdapat tulisan ‘Bank Indonesia’, tahun penerbitan ‘1995’ yang ditulis terpisah, serta tulisan angka nominal ’850000 Rupiah’.

Sementara di bagian belakang terdapat gambar Presiden Soeharto, logo DHN-45, 50 buah bintang yang melingkari gambar utama serta tulisan ‘LIMA PULUH TAHUN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA’.

Di bagian samping terdapat lima garis di empat tempat yang berbeda, tulisan ‘50 g’, gambar logo Perum Peruri serta nomor seri yang terdiri dari 5 angka.

0 Response to "3 Uang Logam berlapis Emas yang pernah dirilis BI"

Post a Comment