Fakta Mengejutkan Mundurnya Presiden Bank Dunia

Fakta Mengejutkan Mundurnya Presiden Bank Dunia
Fakta Mengejutkan Mundurnya Presiden Bank Dunia

Dari sektor perekonomian, Dunia mendapatkan kabar yang cukup mengejutkan dan tidak terduga, yakni Jim Yong Kim, selaku Presiden Bank Dunia (World Bank) telah memutuskan untuk mundur dari jabatannya.

Jim Yong Kim resmi mengundurkan diri pada bulan Februari mendatang. Pengunduran dirinya dilakukan dua tahun sebelum masa jabatannya habis. Keputusannya itu tidak terduga sebelumnya, setelah lebih dari enam tahun beliau bertahan memimpin lembaga pemberi pinjaman internasional tersebut 

Berikut fakta-fakta mengenai keputusan mundurnya Jim Yong Kim:

1. Pengunduran Diri Jim Yong Kim yang Tidak Terduga

Keputusan Kim mundur dari Bank Dunia sangat tidak terduga sebelumnya, karena beliau ditunjuk untuk masa jabatan lima tahun kedua sebagai Presiden Bank Dunia pada tahun 2016.

2. Mejabat sebagai Presiden Bank Dunia Sejak tahun 2012

Kim pertama kali menjabat sebagai presiden Bank Dunia yang ke-12 pada 1 Juli 2012 lalu. Dimana sebelum menduduki jabatan tersebut, Kim menjabat sebagai presiden di sebuah lembaga akademik terkenal di Amerika Serikat, Dartmouth College.

3. Kim Berencana Akan Bergabung dengan sebuah Perusahaan

Kim yang sebelumnya mengambil alih kepemimpinan pemberi pinjaman internasional ini pada 2012 akan bergabung dengan sebuah perusahaan swasta di bidang infrastruktur. Perusahaan tersebut berfokus pada bidang investasi di negara-negara berkembang.

4. Jabatannya akan Digantikan oleh CEO Bank Dunia

Kristalina Georgieva sebagai CEO Bank Dunia akan menjabat sebagai presiden sementara untuk mengisi kekosongan kepemimpinan setelah Kim resmi mundur pada 1 Februari 2019 mendatang.

5. Menanggapi Mundurnya Kim, Sri Mulyani Hormati Keputusannya

Menteri Keuangan Sri Mulyani menghormati apa yang menjadi keputusan Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim untuk mundur dari posisi jabatannya.

“Karena ini sudah sesuai dengan apa yang beliau bayangkan, mungkin akan lebih banyak manfaatnya bagi negara-negara berkembang di dunia, saya kira keputusan beliau dihormati saja,” ujarnya.

Sebagai salah satu anggota Bank Dunia, Sri Mulyani berharap lembaga ini dapat dijaga dari segi visi, misi untuk menjaga fungsinya dan terus berupaya meningkatkan pemerataan dan kesejahteraan global.


0 Response to "Fakta Mengejutkan Mundurnya Presiden Bank Dunia"

Post a Comment