Beginilah Wujud Uang Kertas Pertama di Dunia

Beginilah Wujud Uang Kertas Pertama di Dunia
Beginilah Wujud Uang Kertas Pertama di Dunia

Uang merupakan alat tukar yang sah diberbagai negara saat melakukan transaksi jual beli. Adapun bentuk dan desainnya disesuaikan dengan perkembangan jaman. Keberadaannya di dunia menurut berbagai penemuan, uang ternyata sudah digunakan bahkan sebelum jaman tahun masehi. Sebelumnya, untuk melakukan transaksi jual beli manusia banyak menggunakan teknik barter atau saling bertukar untuk mendapat kebutuhan barang yang diinginkan.

Namun karena berubahnya jaman dan cara-cara seperti ini dinilai kurang praktis yang kemudian diciptakanlah uang agar proses jual beli bisa dilakukan lebih mudah. Saat ini bentuk uang yang beredar di masyarakat terdiri dari uang kertas dan logam (koin). Namun apakah Anda tahu bagaimana bentuk uang kertas pertama yang pernah dipergunakan di dunia?

Uang kertas pertama kali dipakai oleh bangsa China tepatnya pada jaman kekaisaran Dinasti Tang di tahun 618-907, mereka mulai mempergunakan uang kertas dijaman itu. Hal ini dipicu di saat kebutuhan akan uang logam semakin besar seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat. Namun karena uang logam dalam jumlah besar kurang praktis untuk dibawa , maka orang China pun mulai menerima kertas sebagai bentuk kredit. Karena kebiasaan hingga akhirnya mereka pun mulai menggunakan media kertas sebagai uang atau alat pembayaran transaksi.

Uang kertas pertama

Di akhir pemerintahan dinasti Tang, ternyata banyak pedagang yang menyimpan harta yang dimilikinya. Sebagai gantinya, mereka menerima catatan mengenai jumlah kekayaannya yang tersimpan yang kemudian catatan ini mereka sebut dengan Hequan. Hequan inilah yang selanjutnya berkembang menjadi uang kertas dari waktu ke waktu.

Masyarakat China telah terlebih dulu mempergunakan uang kertas selama 5 abad sebelum bangsa Eropa kemudian mengadopsinya di abad ke-17. Saat penggunaan uang kertas sudah semakin mendunia, bangsa China justru mengalami krisis ekonomi yang cukup parah.

Mereka terlalu banyak memroduksi uang kertas yang mengakibatkan nilai uang menurun drastis sehingga memicu inflasi yang tinggi. Semenjak itu bangsa China tidak lagi menggunakan uang kertas di tahun 1455 sampai akhirnya kembali menggunakannya setelah beberapa ratus tahun kemudian.


0 Response to "Beginilah Wujud Uang Kertas Pertama di Dunia"

Post a Comment