7 Mata Uang Teraneh di Dunia

Mata uang lazimnya digunakan sebagai alat pembayaran yang sah di suatu tempat. Setiap negara memiliki mata uangnya masing-masing dengan nilai yang berbeda. Adapaun mata uang yang selama ini dikenal oleh masyarakat biasanya dicetak dengan bahan kertas dan logam. Namun, apa yang terjadi jika mata uang ini justru dicetak dengan menggunakan bahan yang tidak biasa. Mungkin akan terasa aneh karena berbeda dengan yang lain, Mengutip laman creditloan.com, berikut tujuh mata uang teraneh di dunia baik dari desain maupun bahan bakunya:

1. Rai Stone
Rai Stone
Rai Stone
Biasanya uang bisa disimpan dalam saku ataupun dompet dan membawanya ke toko ataupun pasar untuk berbelanja, namun mata uang yang satu ini tidak demikian karena bobot dan ukurannya yang besar.

Dikenal dengan nama Rai Stone, mata uang ini merupakan batu kapur berbentuk melingkar dengan lubang ditengahnya. Batu-batu berharga ini ditemukan di pulau Yap, Mikronesia yang digunakan sebagai mata uang di wilayahnya.

Nilai dari uang batu tersebut tidak hanya ditentukan oleh ukurannya saja namun juga dari faktor lain seperti sejarah pengangkutan dan pembuatan batu, jika pada saat pengangkutan atau pembuatan batu tersebut memiliki tingkat kesulitan yang tinggi hingga menelan korban nyawa maka nilai batu pun akan semakin tinggi.

2. Katanga Cross
Katanga Cross
Katanga Cross
Di wilayah setempat dikenal juga dengan nama handa. Mata uang ini digunakan di wilayah pertambangan Katanga di Republik Demokratik Kongo. Katanga Cross terbuat dari tembaga dan berbentuk salib, digunakan dalam perdagangan sebagai mata uang kuno di Afrika. Berat salib ini berkisar dari setengah pon hingga mencapai 2,5 pon.

3. Manchukuo Yuan
Manchukuo Yuan
Manchukuo Yuan
Saat perang dunia ke 2, pasukan imperial Jepang menggunakan Manchukuo Yuan sebagai mata uang selama pendudukannya diwilayah Mannchuria. Karena di wilayah tersebut saat itu tidak ditemukan logam, mata uang ini dibuat dari karton merah atau cokelat. Mata uang ini dipergunakan pada tahun 1944 hingga 1945.

4. Uang Kissi
Uang Kissi
Uang Kissi
Uang Kissi dibuat dari besi bengkok yang di ujung-ujungnya berbentuk huruf T. Uang Kissi ini pernah digunakan oleh masyarakat Afrika Barat hingga abad ke 20. Jika batang besi patah, maka uang ini tidak bisa lagi digunakan kecuali bila dikembalikan melalui upacara khusus yang dikepalai oleh dukun setempat.

5. Uang kayu Jerman
Uang kayu Jerman
Uang kayu Jerman
Dampak dari perang dunia kedua, kondisi perekonomian Jerman kala itu sangatlah parah karena inflasi yang tinggi. Hingga masyarakat Jerman akhirnya mencetak uang mereka dari kayu sebagai bentuk uang darurat.

6. Koin Tugrik 
Koin Tugrik
Koin Tugrik 
Sebagai bentuk penghargaan terhadap beberapa pemimpin Amerika yang dianggap hebat , warga Mongolia membuat sebuah uang koin bergambar Presiden John F. Kennedy. Uniknya, koin tersebut memiliki tombol yang jika ditekan akan mengeluarkan suara pidato terkenal JFK yakni saat dirinya berpidato di Jerman Barat yang berjudul “Ich bin ein Berliner”.

7. Uang kertas bolong
Uang kertas bolong Zaire
Uang kertas bolong Zaire
Pada tahun 1997, Josepeh Mobutu, seorang diktator pemimpin negara Zaire di Afrika  berhasil digulingkan. Karena anggaran terbatas untuk mencetak uang baru, pemerintahan yang baru memimpin akhirnya memutuskan untuk menggunakan uang yang ada namun dengan menghilangkan wajah Mobutu dari uang kertas yakni dengan cara melubanginya dan terus menggunakannya seperti biasa. Hasilnya pun menjadi unik, uang kertas yang beredar pun memiliki lubang ditengahnya. Hal ini dilakukan sampai mata uang yang baru berhasil dicetak.

0 Response to "7 Mata Uang Teraneh di Dunia"

Post a Comment