Carlos Slim Helu

Carlos Slim Helu
Carlos Slim Helu

Carlos Slim Helu (lahir tanggal 28 Januari 1940) merupakan seorang pengusaha dan juga seorang filantropis. Sebagai CEO perusahaan komunikasi di Mexico, Teléfonos de México dan América Móvil, perusahaan ponsel ketiga terbesar dunia dari segi pelanggan. Ia juga konglomerat Grupo Carso. ia adalah seorang pengusaha Meksiko berdarah Arab Libanon. Sejak Agustus 2007 lalu majalah Fortune dan Wall Street Journal memasukannya sebagai orang terkaya di dunia. Di tahun 2011, Slim dinobatkan oleh majalah Forbes sebagai orang terkaya di dunia untuk kedua kalinya berturut-turut dengan nilai kekayaan bersih sekitar US$74 miliar.

Menurut lembaga amal Oxam, dengan kekayaan ini, Carlos membutuhkan sedikitnya 220 tahun untuk menghabiskan uangnya. Itu pun jika jumlah yang dibelanjakan "hanya" sekitar US$ 1 juta atau sekitar Rp 12,5 miliar per hari. Oxfam merilis laporan berdasarkan penelitiannya selama setahun sejak Maret 2013 hingga 2014.

Pada tahun 1902 ayahnya, bernama Julian Slim Haddad, pada masa mudanya saat berusia 14 tahun melarikan diri ke Meksiko dari Libanon untuk menghindari kerasnya pemerintahan militer dibawah Kekaisaran Ottoman. Menyusul empat kakak laki-lakinya yang sudah lebih dulu menetap di Meksiko. Ibunya, Linda Helu, terlahir di Parral, Chihuahua, dari orang tua yang juga pendatang dari Lebanon dan menetap di Meksiko pada akhir abad ke-19.

Carlos Slim menjabat sebagai wakil Presiden Komisaris dari perusahaan Mexican Stock Exchange dan merangkap sebagai Presiden Komisaris juga pada Mexican Association of Brokerage Houses. Dan juga merupakan Presiden pertama dari perusahaan New York Stock Exchange Administration Council saat bekerja tahun 1996-1998. Slim juga disebut sebagai sosok yang berjasa dibalik perkembangan industri keuangan di Meksiko, dikenal dengan Grup Carso, disamping usaha lainnya yakni usaha ritel CompUSA.

Slim turut mendirikan proyek Latin America Development Fund. Proyek ini sendiri memiliki cadangan dana yang mencapai 10 Milyar Dollar. Bill Clinton pernah mengatakan: "Carlos Slim adalah salah seorang filantropis (orang-orang yang suka beramal) terpenting di dunia yang tidak dikenal oleh kebanyakan orang .”


0 Response to "Carlos Slim Helu"

Post a Comment