6 Mata Uang Dengan Nilai Tukar Termurah

Dolar Zimbabwe
Dolar Zimbabwe

Mata uang adalah alat pembayaran transaksi untuk keperluan ekonomi dalam suatu negara, perbandingan nilai satu matauang dengan matauang negara lain disebut kurs. Nilai kurs inilah yang digunakan untuk bertransaksi perdagangan antar negara.

Tinggi rendahnya nilai kurs suatu matauang menggambarkan kekuatan kondisi perekonomian negara tersebut, semakin tinggi nilainya semakin kaya keadaan ekonomi negara tersebut dengan rakyatnya yg makmur hidup sejahtera dll sementara semakin rendah nilai matauangnya semakin miskin keadaan ekonomi negara tersebut dengan keadaan rakyatnya yang cukup menderita karena hidup susah miskin banyak hutang dll.

Dari sekian banyak negara diseluruh dunia tentu  tiap negara punya nilai kurs yang berbeda-beda  dan bila dirangkum ada yang tinggi sedang dan juga rendah nilai matuangnya. Ada beberapa negara dengan mata uang terendah didunia yang terangkum dibawah ini.

Namun sebelumnya, tepatnya pada tahun 2009, Nilai Mata Uang Terendah di Dunia ini dipegang oleh Dolar Zimbabwe, yaitu sebuah Negara di benua Afrika. Nilai tukarnya terhadap satu Dolar Amerika Serikat US$ adalah  Z$300.000.000.000.000 (300 Trilyun/1USD).

Pada tanggal 12 April 2009, Pemerintah Zimbabwe akhirnya resmi meninggalkan mata uangnya Dolar Zimbabwe dan menggunakan Mata Uang asing sebagai Mata Uang Transaksi di dalam Negaranya. Adapun mata uang asing yang digunakan oleh pemerintah Zimbabwe diantaranya seperti Rand Afrika Selatan, Bula Botswana, Rupee India, Poundsterling, Euro, Yuan dan Dolar Amerika Serikat.

BACA JUGA : 5 Mata Uang Dengan Nilai Tukar Termahal

Lalu mata uang mana sajakah yang memiliki nilai tukar atau kurs terendah dan paling lemah daya belinya saat ini? Berikut 6 Matauang dengan nilai termurah didunia.

1) Rial (Iran)

 Rial Iran
Rial Iran

Negara dengan matauang terendah adalah Rial Iran. Rial sebenarnya berasal dari real Spanyol, yang selama beberapa abad menjadi mata uang Spanyol.

Kode : IRR
Simbol : ﷼
Negara : Iran
Bank Sentral : Bank Sentral Republik Islam Iran atau Central Bank of the Islamic Republic of Iran
Benua : Asia
Kurs Dolar AS (US$1) = 37.821 IRR
Kurs Rupiah Indonesia (Rp.1) =2,75 IRR


2) Dong (Vietnam)

Dong Vietnam
Dong Vietnam

Dong Vietnam adalah mata uang resmi negara Vietnam sejak 3 Mei 1978 menggantikan Đồng Vietnam Utara dan Selatan. Mata uang ini dikontrol oleh Bank Negara Vietnam.

Kode : VND
Simbol : ₫
Negara : Vietnam
Bank Sentral : State Bank of Vietnam
Benua : Asia
Kurs Dolar AS (US$1) = 22.802 VND
Kurs Rupiah Indonesia (Rp1) =1,66 VND


3) Dobra (Sao Tome)

Dobra
Dobra

Dobra, mata uang negara Sao Tome dan Principe. Mata uang ini pertama kali digunakan pada tahun 1977 menggantikan matauang lama Eskudo São Tomé dan Príncipe. Setiap satuannya mata uang ini terbagi menjadi 100 centimo.

Kode : STD
Simbol : Db
Negara : Sao Tome and Principe
Bank Sentral : Central Bank of Sao Tome and Principe
Benua : Afrika
Kurs Dolar AS (US$1) = 20.502 STD
Kurs Rupiah Indonesia (Rp1) = 1,49 STD


4) Rupiah (Indonesia)

mata uang rupiah
1000 Rupiah

Mata uang terendah selanjutnya adalah Rupiah, mata uang kita negara Indonesia. Mata uang Rupiah dicetak dan diatur penggunaannya oleh Bank Indonesia berdasarkan kode ISO 4217 IDR.

Kode : IDR
Simbol : Rp
Negara : Indonesia
Bank Sentral : Bank Indonesia
Benua : Asia
Kurs Dolar AS (US$1) = 13.770 IDR


5) Franc (Guinea) 

Frank Guinea
Frank Guinea

Frank Guinea, mata uang negara Guinea yang berlokasi di benua Afrika. Mata uang ini dikeluarkan dan diatur oleh bank sentral BEAC.

Kode : GNF
Simbol : FG
Negara : Guinea
Bank Sentral : Banque des États de l'Afrique Centrale (BEAC)
Benua : Afrika
Kurs Dolar AS (US$1) = 9.026,25 GNF
Kurs Rupiah Indonesia (Rp1) = 0,66 GNF


6) Kip (Laos)

Kip Laos
Kip Laos

Kip adalah mata uang resmi negara Laos. Berdasarkan ISO 4217 kode untuk mata uang ini adalah LAK. Pada 1979 proses pembaharuan mata uang terjadi di mana uang dengan nilai 100 kip lama digantikan dengan 1 kip baru.

Kode : LAK
Simbol : ₭
Negara : Laos
Bank Sentral : Bank of the Lao P.D.R.
Benua : Asia
Kurs Dolar AS (US$1) = 8.315 LAK
Kurs Rupiah Indonesia (Rp1) = 0,60 LAK

0 Response to " 6 Mata Uang Dengan Nilai Tukar Termurah"

Post a Comment