Apa itu Kurs ?

Apa itu Kurs ?
Papan display kurs

Nilai Tukar atau biasa disebut dengan Kurs adalah merupakan suatu kesepakatan nilai satu matauang bila ditukarkan dengan mata uang negara-negara lain. Nilai tersebut selalu berbeda bila ditukarkan dengan mata uang yang berbeda pula, bila uang rupiah ditukarkan dengan mata uang USD pasti berbeda nilainya bila ditukarkan dengan mata uang EUR atau euro.

Menurut Paul R. Krugman dan Maurice, kurs adalah harga mata uang dari suatu negara yang diukur atau dinyatakan dalam mata uang lainnya. Sementara menurut Menurut Salvator, kurs adalah harga suatu mata uang terhadap mata uang lainnya.

Biasanya penulisan kurs(rate)terdiri dari 2 matauang yang berbeda yang dipisah dengan tanda symbol (garis miring atau yang lainnya) dan salah satu dari matauang tersebut (yang didepan) dijadikan sebagai acuan yang dianggap sebagai per 1 unit dari mata uang tersebut  biasa disebut mata uang dasar atau base currency, misalnya tertulis kurs USD/IDR=13.500 artinya per 1 dolar USD bila ditukar ke mata uang rupiah akan  bernilai Rp 13.500.

Peranan kurs sangatlah dibutuhkan dalam valuta asing. Walau saat ini perdagangan valuta asing sudah banyak ditemukan di berbagai pusat-pusat keuangan yang tersebar di kota-kota besar di dunia. Seiring berkembangnya teknologi maka saat ini telah menjadi sebuah rangkaian pasar tunggal yang beroprasi 24 jam setiap harinya. Kategori yang sangat penting dalam perdagangan valuta asing yaitu perdagangan berjangka atau forword trading dan perdagangan spot atau spot trading.

Perdagangan berjangka merupakan adanya beberapa pihak yang sepakat untuk mempertukarkan mata uang diwaktu yang akan datang berdasarkan kurs yang telah di sepakati. Sedangkan perdagangan spot merupakan pertukaran mata uang dengan nilai kurs secara langsung saat terjadi transaksi.

Macam-macam Kurs
Bila terjadi ransaksi penukaran mata uang di bank atau tempat penukaran matauang, money changer, maka akan diberlakukan 2 kurs yang berbeda harga yaitu kurs jual dan kurs beli tergantung posisi si penukar mata uang (bank atau money changer) apakah sebagai pembeli mata uang asing atau sebagai penjual.

  • Kurs beli merupakan kurs yang digunakan jika bank atau pedagang valas membeli uang asing atau apabila kita akan menukarkan uang asing yang kita miliki dengan rupiah.
  • Kurs jual merupakan kurs yang digunakan jika bank atau pedagang valas menjual uang asing kepada para pembeli atau apabila kita akan menukarkan rupiah dengan uang asing yang kita butuhkan.

Selain Kurs jual-beli
Di mana-mana umumnya kurs jual lebih tinggi atau lebih mahal dari kurs beli. Hal ini agar pehitungannya terdapat selisih. Dari sinilah penyedia jasa penukaran uang asing / kurs valuta asing mendapatkan keuntungan.Selisih antara kurs jual dengan kurs beli disebut dengan Spread. Kurs jual dan kurs beli ini juga selalu berubah-ubah setiap harinya.

Selain kurs jual dan kurs beli yang nilainya beda, ada satu lagi jenis kurs, yaitu kurs tengah. Apakah itu? Iyalah kursyang nilainya  antara kurs jual dan kurs beli (penjumlahan kurs beli dan kurs jual yang dibagi dua). Saat Anda melihat daftar kurs mata uang asing di koran, TV, atau internet, dan di sana tidak ada detail kurs jual dan kurs beli, berarti nilai kurs tersebut adalah kurs tengah.


Nilai Kurs bisa berubah
Kurs jual dan kurs beli ini juga selalu berubah-ubah setiap harinya. Mengapa kurs mata uang asing dapat berubah ubah setiap hari? Adapun penyebab mengapa kurs mata uang asing dapat berubah setiap hari antara lain karena :
  • Kontrol dari pemerintah. 
  • Tingkat Inflasi. 
  • Perbedaan Suku Bunga
  • Suhu politik dan Kinerja Ekonomi
  • Defisit Neraca Akun
  • Utang Publik
  • Efek Penawaran dan Permintaan.

0 Response to "Apa itu Kurs ?"

Post a Comment