5 Mata Uang Dengan Nilai Tukar Termahal

Setiap orang butuh uang dari anak kecil sampai dewasa  karena dengan uang bisa membeli apa saja yang diinginkannya, tak heran kalau orang sampai mati-matian mencarinya dan juga uang merupakan salah satu barometer kekayaan seseorang di mata orang lain.

Sebelum uang pertama kali dibuat, proses transaksi jual-beli barang dilakukan secara barter atau saling menukarkan barang. Namun setelah ditemukan uang mulailah digunakan untuk bertransaksi baik untuk barang atau jasa, bahkan saat ini tiap negara punya mata uang sendiri-sendiri dan nilainya pun berbeda-beda satu negara dengan negara lainnya, hal ini menandakan tingkat perekonomian tiap negara berbeda-beda. Ada yang mahal ada yang murah tergantung tingkat kekuatan ekonomi negara tersebut.

Berikut 5 Mata Uang Dengan Nilai Tukar Termahal diantara mata uang negara-negara lainnya.

5. Pound Sterling, Inggris (GBP)

Pound Sterling
Pound Sterling

Inggris memiliki mata uang tertua didunia namun bernilai tinggi, walau inggris secara geografis termasuk wilayah eropa namun enggan menggunakan mata uang Euro,Inggris memilih pound sterling sebagai mata uang resmi yang berlaku untuk alat pembayaran di negaranya. Satu pound terdiri dari 100 pence. Meski demikian inggris mampu membuat nilai mata uangnya lebih tinggi dari Euro. Pound Sterling memiliki kode ISO: GBP dengan simbol: £

Para turis yang berkunjung ke negara ini, mau ta mau harus rela merogoh kocek lebih dalam. Karena mata uang ini adalah salah satu mata uang dengan nilai tukar tertinggi di dunia. Secara fisik selama bertahun-tahun, uang pound didesain dengan gambar sang ratu sebagai latar belakangnya.

4. Dolar, Australia (AUD)

Dolar Australia
Dolar Australia

Dolar Australia adalah matauang resmi negara Autralia dengan kode ISO: AUD dan simbol: A$ , selain karena perekonomiannya yang kuat mata uang ini juga bernilai tinggi dan merupakan salah satu matauang yang banyak dipergunakan yaitu sekitar 7,6 persen dalam transaksi sehari-hari di dunia. Di dunia, mata uang ini biasa disebut Aussie.

Dolar Australia yang berupa pecahan uang kertas $5, $10, $20, $50, dan $100. Uang logam berupa pecahan 5, 10, 20, dan 50 sen, serta satu dan dua dolar,sen adalah nilai satuan lebih kecil dari dolar Australia. 1 A$ = 100 sen. Matauang ini diperkenalkan pada 14 Februari 1966 untuk mengganti Pound Australia. Salah satu keunikan mata uang dolar dari negara ini adalah semuanya terbuat dari polimer.Tahun 1996, Australia resmi menjadi negara pertama yang menggunakan uang berbahan polimer (plastik) sepenuhnya. Dan kabarnya uang Indonesia Rp100.000,00 dan Rp50.000,00 yang ada plastiknya juga dicetak di negara ini.

3. Dolar Amerika Serikat (USD)

Dolar USD
Dolar 100 USD

Matauang resmi Amerika Serikat. Dolar AS juga banyak digunakan negara lain di dunia cadangan devisa. Hampir 85 persen dari seluruh transaksi di pasar valas menggunakan mata uang ini. Tak heran, bila dolar AS disebut sebagai mata uang internasional. Tingginya nilai tukar matauang ini juga ditunjang dengan kuatnya perekonomian negara.

Simbol paling umum untuk matau ang dolar AS adalah lambang dolar ($). Kode 3 huruf ISO 4217 adalah USD, dolar AS juga dirujuk sebagai US$ oleh Dana Moneter Internasional.

2. Dinar Bahrain (BHD)

Dinar Bahrain (BHD)
1 BHD
Negara kecil dengan luas wilayah yang hampir sama dengan 3,5 kali luas kota Washington DC. Secara letak geografis nehara Bahrain merupakan pusat dari negara-negara di teluk Persia. Bahrain dikenal sebagai negara yang sukses menciptakan kesempatan kerja. Bahrain juga terkenal di dunia karena nilai mata uangnya yang tinggi. Bahkan, dinar sendiri merupakan salah satu mata uang yang sangat berharga di dunia. Negara ini menjadikan gambar anggota kerajaan sebagai latar belakang Dinar selama bertahun-tahun.

Dinar Bahrain adalah mata uang negara Bahrain, dalam ISO 4217, mata uang ini disingkat dengan kode 3 huruf BHD dengan simbol .د.ب (Arabic) atau BD (Latin). Kata dinar sendiri berasal dari Bahasa Roma, 'denarius'. Dinar Bahrain mulai diperkenalkan tahun 1965 untuk menggantikan Gulf Rupee dengan nilai tukar 10 rupee = 1 dinar.

1. Dinar Kuwait (KWD)

Dinar Kuwait (KWD)
Dinar Kuwait

Di kawasan yang sedikit lebih kecil dari New Jersey, terdapat satu negara yang memiliki nilai tukar mata uang yang paling tinggi terhadap dolar. Dinar Kuwait adalah mata uang resmi yang digunakan di Kuwait, Asia. Kode ISO 4217-nya adalah KWD dengan simbol : د.ك (Arab) atau KD (Latin). Mata uang ini dibagi kembali menjadi 1.000 fil, atau bisa diartikan 1 dinar = 1.000 fils. Satuan ini digunakan pada uang logam yang beredar di Kuwait, yaitu pecahan 5, 10, 20, 50, dan 100 fils. Sedangkan uang kertas yang digunakan di Kuwait adalah uang kertas seri terbaru, tahun 2014, cetakan ke-6. Nominal uang kertas dinar Kuwait adalah ¼ dinar, ½ dinar, 1, 5, 10 dan 20 dinar.

Kuwait terkenal sebagai negara yang sangat kaya karena cadangan minyaknya. Negara ini mengekspor minyak ke seluruh dunia. Kuwait menjadi salah satu investor terbesar di dunia dengan nilai $8,4 trilyun di tahun 2013. Di Inggris, Kuwait menggandakan investasinya sampai $24 trilyun dan menjadi yang terbesar di Cina sejak tahun 2014.


0 Response to "5 Mata Uang Dengan Nilai Tukar Termahal"

Post a Comment