George Lane dengan Stochastic ciptaanya

Dr. George Lane
Dr. George Lane

Kisah hidup dari seorang trader sukses bisa dijadikan pelajaran sebagai inspirasi bagi trader pemula yang ingin serius berkecimpung di dunia trading, misalnya George Lan seorang penemu indikator Stochastic yang merupakan salah satu indikator teknikal terpopuler dikalangan trader profesional ataupun amatir. Seorang trader sukses tidak serta merta instan dalam kesuksesannya namun melalui proses yang panjang dan tidak mudah untuk dilalui.

George Lane (1921-July 7,2004) merupakan seorang trader profesional, penulis buku, mentor trading, dan juga seorang dokter medis, sebagai seorang analis keuangan secara teknikal ia berhasil menciptakan sebuah alat trading bernama Stochastic Oscilator (dikenal juga sebagai Lane's stochastics) yang dikemudian hari indikator ini menjadi terkenal dan tersemat di banyak platform trading secara default. Stochastic merupakan sebuah indikator momentum dimana perubahan arah pada indikator sering mendahului pergerakan harga pasarnya. George Lane juga merupakan bagian dari grup trader future di Chicago.

Ketertarikan Lane terhadap dunia trading bermula disaat dia masih praktik sebagai dokter disebuah klinik milik ayahnya disebuah kawasan industri di Chicago, setelah ayahnya pensiun ia lebih memilih untuk menutup kliniknya dan mulai berkonsentrasi penuh pada trading komoditi. Di awal karir tradingnya Lane sempat bekerja pada sebuah perusahaan broker yang juga mengajarkan ilmu trading komoditi di Investment Educators Inc. di Watseka, Illinois. Yang merupakan satu-satunya lembaga pendidikan di AS pada saat itu yang mengajarkan ilmu investasi.

Setelah pemiliknya meninggal dunia, Lane mengambil alih sekolah tersebut dan mengelolanya secara lebih profesional. Selain memberikan konsultasi pada para investor dan profesional keuangan, sekolah tersebut juga mengajarkan metode analisa teknikal tingkat dasar dan lanjutan, Lane menjabat sebagai Presiden di Investment Educators Inc. tersebut hingga tutup usia.

Setelah mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan dari pengalaman tradingnya dan mulai memahami pergerakan pasar, mulailah dia berpikir untuk menciptakan sebuah alat bantu yang bisa membuat chart yang komplek dan rumit itu bisa lebih mudah dibaca. Seiring perbaikan indikator stochastic hasil ciptaanya itu sedikit demi sedikit ia mulai mendulang keuntungan. Menurutnya stochastic itu pada dasarnya tidak mengikuti pergerakan harga maupun volume perdagangan, melainkan ia hanya menunjukkan kecepatan atau momentum dari perubahan harga pasar, indikator ini memberikan isyarat sebelum harga pasar berubah arah.

Hingga tutup usia George Lane masih tetap aktif bertrading diberbagai instrumen pasar dengan profit konsisten. Selama karir tradingnya ia hanya menggunakan 3 buah alat bantu yakni indikator Stochastic , Fibonacci retracement dan Trend line.

Selain 3 senjata andalannya itu hal yang tidak kalah penting menurut George Lane adalah Money Management, setiap masuk pasar dia selalu menggunakan stop loss. Bagaimana anda melindungi akun anda dari kerugian, trading tanpa stop loss? itu sebuah kejahatan trading yang biasa dilakukan trader amatir. Coba lah perhatikan rahasia dari trader yang sukses mereka tentunya bisa memanage risiko keuangan dengan baik, katanya.


Baca Juga:
George Soros, Sang Kotroversial
Larry R. Williams

0 Response to "George Lane dengan Stochastic ciptaanya"

Post a Comment