6 Jenis Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil

6 Jenis Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil
6 Jenis Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil

Hampir semua orang mendambakan memiliki usaha sendiri. Disamping bisa menjadi bos untuk dirinya sendiri, menjalankan usaha sendiri bisa mencari peluang semaksimal mungkin untuk mendulang banyak keuntungan. Salah satu jenis usaha yang cukup menarik adalah usaha kecil rumahan.

Sayangnya untuk memulai usaha kebanyakan orang terkendala karena urusan modal. Sebuah usaha biasanya membutuhkan modal yang tidak sedikit, sehingga banyak orang mengurungkan niatnya untuk membuka usaha karena sulitnya mencari modal tambahan.

Jika diperhatikan lagi, ternyata ada beberapa cara untuk memulai usaha tanpa mengeluarkan modal besar, salah satunya adalah dengan membuka usaha kecil menengah atau jenis usaha rumahan. Dengan usaha kecil menengah ini, siapapun yang punya niat berbisnis bisa mewujudkan impiannya itu bahkan walau hanya dengan modal kurang dari 5 juta rupiah.

Meski bermodal kecil atau pas-pasan, jenis usaha rumahan ini bisa kamu kembangkan hingga menjadi besar dengan keuntungan yang besar pula.

Berikut dirangkum dari berbagai sumber, 6 jenis usaha rumahan dengan modal pas-pasan yang bisa kamu wujudkan untuk menambah pemasukan demi kehidupan yang lebih baik.


1. Handmade

Bisnis Menjahit
Bisnis Menjahit

Jika kamu memiliki keahlian merajut, atau membuat kerajinan tangan seperti tas, menjahit, melukis, membuat buku edukatif anak, ini bisa dijadikan pijakan untuk membuka salah satu jenis usaha rumahan yang mudah dan gampang. Sudah banyak ceritanya tentang kesuksesan seseorang yang mengawali usahanya dari hobi membuat kerajinan tangan ini.

Jenis usaha rumahan dengan modal kecil atau pas-pasan ini tergolong bisnis kreatif yang memiliki peluang untuk mampu bertahan karena produk yang dihasilkannya pun terbilang unik, juga eksklusif. Media sosial bisa di manfaatkan sebagai jalur pemasaran. Asal tahu saja, bila produk yang kamu hasilkan tergolong menarik, orang pun tidak akan segan untuk membayar mahal.

2. Warkop alis warung kopi

Bisnis Warung kopi
Bisnis Warung kopi

Hampir semua orang suka minum kopi. Apalagi Indonesia sudah dikenal luas di dunia sebagai salah satu negara produsen kopi berkualitas. Mulai dari presiden sampai mahasiswa, semua menyukai kopi. Jenis bisnis rumahan dengan modal kecil ini bisa dimulai dengan membuka warung kopi sederhana. Konsep warung kopi ini bisa di desain sesuai target pasar yang dituju.

Apakah warung kopi sederhana dengan model lesehan layaknya angkringan di kota Jogja, atau ingin yang agak modern seperti warung kopi mi instan yang kini tengah ngetren. Tentu saja setiap model warung kopi yang dibuat akan membutuhkan modal yang berbeda. Pada jenis usaha rumahan ini, kamu harus memiliki konsep yang kuat agar bisa bersaing dengan warung kopi lain yang sudah ada.

Siapa tahu, suatu saat nanti jenis usaha warkop milik mu ini nanti diserbu oleh tetangga dan kenalan sebelum mereka berangkat kerja.

3. Cemilan dan minuman

Bisnis makanan dan minuman merupakan jenis bisnis yang tidak akan pernah mati, karena setiap orang membutuhkan dua hal tersebut. Minuman segar dan makanan ringan pun bisa menjadi pilihan untuk mulai berbisnis. Jenis usaha rumahan dengan modal kecil cukup dengan uang Rp 50 ribu - 100 ribu-an saja, kamu bisa langsung membuka usaha cemilan.

Yaitu caranya dengan membeli makanan ringan di grosiran kemudian dikemas sesuai kreasi kamu. Atau, minuman segar seperti ice bubble atau jus buah juga bisa menjadi pilihan untuk berbisnis. Kamu bisa membeli paket franchise atau membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang bisa kamu beli di pasar dengan modal Rp 5 jutaan.

Jika makanan ringan per bungkusnya dijual dengan harga Rp 5.000, maka dalam waktu sebulan bisa langsung balik modal. Untuk minuman segar, jika dalam sehari kamu mampu menjual 30 cup dengan harga Rp 6.000, maka dalam sebulan modal sudah bisa tergantikan.

4. Waralaba makanan

Saat ini, ada banyak jenis waralaba makanan yang bisa menjadi pilihan bisnis. Jenis bisnis kecil rumahan yang satu ini, tidaklah membutuhkan modal yang selangit. Bahkan beberapa jenis bisnis waralaba makanan ini bisa dimulai dengan kisaran modal Rp 5-10 juta-an saja. Sementara sejumlah sisa modal bisa digunakan untuk menyewa tempat atau kebutuhan lainnya.

Yaitu caranya dengan memilih jenis waralaba yang banyak diminati pembeli, sehingga peluang untuk mendapatkan keuntungan akan semakin besar. Kamu juga bisa memadukan satu jenis waralaba dengan jenis waralaba lainnya, misalnya makanan dengan minuman, sehingga bisa memaksimalkan keuntungan.

5. Laundri

Bisnis Laundri
Bisnis Laundri

Bisnis Laundri bisa menjadi jenis bisnis rumahan dengan modal kecil selanjutnya. Cukup dengan modal Rp 5-10 juta-an, kamu sudah bisa membangun jenis usaha ini dengan skala yang cukup besar. Yaitu dengan membeli beberapa mesin cuci dan juga perlengkapan menyetrika dan mencuci lainnya. Dengan itu saja, bisnis laundri sudah bisa dijalankan dengan mudah dan nyaman.

Potensi jenis bisnis ini sangatlah besar, terutama jika memiliki lokasi ditempat yang cukup strategis dan menjanjikan, misalnya dekat dengan wilayah yang banyak kos-kosan, sekolahan, kampus,atau bahkan perkantoran. Bisnis laundri ini tidak pernah sepi, apalagi jika kamu dapat memberikan pelayanan yang memuaskan pelanggan serta dengan strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis tersebut.

6. Cuci sepatu

Jenis bisnis kecil rumahan ini tidak berbeda jauh dengan bisnis laundri. Bedanya, hanya perlu mengeluarkan modal kurang dari Rp 1 juta-an saja untuk membeli peralatan seperti sikat sepatu, cairan pembersih sepatu, dan lainnya. Bila dalam satu hari bisa mencuci hingga 5 pasang sepatu dengan per pasangnya dihargai Rp 20.000, maka dalam waktu sebulan kamu bisa memperoleh Rp 3 juta.

Bahkan, dalam waktu 3 bulan saja kamu sudah bisa memiliki satu pegawai untuk membantu kamu mencucikan sepatu. Namun, terlebih dahulu kamu harus bisa menentukan target pelanggannya. Jangan sampai, bisnis kamu bangkrut karena konsumen di lingkunganmu lebih memilih untuk mencuci sepatunya sendiri.

0 Response to "6 Jenis Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil"

Post a Comment