Dipicu Politik AS Harga Emas Menguat


Dipicu Politik AS Harga Emas Menguat
Dipicu Politik AS Harga Emas Menguat
Dalam dua bulan terakhir diperdagangan akhir pekan , harga emas mengalami penguatan mingguan terbesar. hal ini terpicu kekuatan euro yang membuat dolar AS melemah ke level terendah sejak Juni 2016, sehari setelah pernyataan Presiden Bank Sentral Eropa mengangkat euro, sementara hambatan terhadap agenda kebijakan Presiden AS Donald Trump juga membebani mata uang AS ini.

Harga emas spot LLG naik sebesar 0.9 persen dengan harga $ 1,255.50 per ons merupakan harga tertinggi sejak 29 Juni dan menembus moving average 50 hari di level $ 1.249,30 untuk pertama kalinya sejak 15 Juni lalu, saat ini emas berada pada jalur kenaikan mingguan sebesar 1,6%.

Pergerakan harga emas diperkirakan tergantung dari kondisi politik di Amerika Serikat (AS). Pelaku pasar akan fokus terhadap kondisi politik AS yang lebih berdampak ke dollar AS dan harga emas ketimbang keputusan bank sentral AS,  Fed atau the Federal Reserve.

Aksi jual dollar AS seiring senat AS tidak dapat menggantikan program kesehatan Obamacare dengan program kesehatan yang baru yang diajukan Trump. Hal tersebut menciptakan keraguan para pelaku pasar terhadap kemampuan kongres untuk pengajuan proposal fiscal termasuk reformasi pajak dan deregulasi.

Para analis menilai pelemahan dollar AS dipicu karena gangguan politik pemerintah AS dibawah pimpinan Donald Trump yang ditenggarai karena adanya investigasi kemungkinan adannya hubungan Trump dengan Rusia mengenai hasil pilpres beberapa waktu lalu hingga bisnis Trump.

Seiring para pelaku pasar yang fokus pada perkembangan politik AS pekan depan, membuat pertemuan Fed menjadi sentimen minor. Dolar AS menyentuh level terendahnya terhadap franc Swiss lebih dari satu tahun di 0,9468 franc. Terhadap yen pun, dolar AS menyentuh level terendah lebih dari empat minggu 111,02 yen.

Analis memperkirakan harga emas berpotensi naik jika pelemahan dollar AS berlanjut, juga terpicu melemahnya bursa Wall Street dan Eropa. Namun bisa terjadi aksi profit taking setelah harga emas naik minggu ini.

0 Response to "Dipicu Politik AS Harga Emas Menguat"

Post a Comment