Inilah Sederet Keuntungan Sistem Pembayaran Elektronik

Ini Sederet Keuntungan Sistem Pembayaran Digital
Ini Sederet Keuntungan Sistem Pembayaran Digital
Keuntungan Sistem Pembayaran Elektronik banyak sekali diantaranya kita gak perlu repot-repot keluar rumah atau bisa dilakukan disela-sela kesibukan kerja dikantor. Dalam bahasa asingnya yaitu Digital payment adalah cara pembayaran dengan menggunakan media elektronik. Seseorang bisa melakukan transkasi pembayaran dengan short message service (sms), internet banking, mobile banking, atau dompet elektronik, seperti pembayaran listrik, air, tagihan KPR, beli pulsa atau bahkan belanja online.

Seiring dengan perkembangan teknologi, semakin banyak orang yang melek gadget dan smartphone canggih kini mereka mulai beralih menggunakan digital payment dan perlahan meninggalkan sistem pembayaran tradisional yaitu dengan cara tunai. Hal ini karena semakin banyak orang yang merasakan manfaatnya dari pembayaran secara digital. Berikut berbagai keuntungan pembayaran elektronik yang bisa Anda rasakan.

1. Lebih Mudah dan Praktis

Sistem digital payment jelas jauh lebih praktis ketimbang cara pembayaran tunai. Para pengguna layanan kartu digital payment, sangat mengerti bagaimana sistem ini sangat praktis dalam proses pembayaran. Hal ini karena pengguna hanya cukup menggunakan satu kartu yang digesek atau di-tap tanpa harus repot-repot merogoh uang ke dalam tas. Setelah pembayaran selesai, kasir pun tidak perlu repot lagi menghitung uang kembalian.

Semakin banyak orang yang menggunakan digital payment, maka akan memperpendek jalur antrian pembayaran di kasir atau loket.

2. Transaksi Lebih Aman

Sistem Pembayaran Elektronik pun memang tidak luput dari incaran para pelaku kejahatan. Pembayaran dengan sistem digital payment mengandung risiko terkena tindakan kejahatan seperti peretasan, pencurian data, fraud atau kecurangan. Salah satu langkah pemerintah untuk menjaga keamanan  pelaksanaan sistem digital payment ini, pemerintah meluncurkan gerbang pembayaran nasional (GPN). Dengan adanya GPN, semua data transaksi diproses di dalam negeri.

Selain itu, cara lainnya adalah dengan menggunakan digital signature yaitu kode identifikasi identitas pengirim pesan yang menjamin keaslian isi pesan elektronik. Ada pula sertifikasi Secure Socket Layer (SSL) yang dapat membantu melindungi data pribadi pelanggan e-commerce dari pihak ketiga yang mencoba untuk mencuri data.

3. Kenyamanan Bertransaksi

Selain keamanan bertransaksi, digital payment juga menawarkan kenyamanan kepada penggunanya saat melakukan pembayaran. Digital payment memungkinkan pengguna melakukan transaksi tanpa harus berpindah tempat cukup menggunakan gadget seperti perangkat smartphone yang terkoneksi dengan internet. Jadi, pengguna bisa melakukan belanja secara online atau pembayaran tagihan bulanan dari rumah saja ataupun di sela-sela kesibukan kerja.

Keuntungan lain yang bisa dirasakan jika menggunakan digital payment dibandingkan pembelian secara tunai adalah pengguna hanya perlu membayar sesuai angka nominal yang diminta. Tidak perlu membayar lebih tinggi karena pembulatan dari nilai uang yang tidak genap.

4. Kecepatan Bertransaksi

Digital payment adalah sistem pembayaran real time. Jadi, jika pengguna melakukan pembayaran saat ini, maka uang sudah bisa langsung diterima oleh pihak penerima dalam waktu beberapa detik saja.

Hal ini menguntungkan buat pengguna bila sudah terdesak waktu jatuh tempo untuk membayar tagihan. Kenyamanan transaksi ini juga bermanfaat buat pengguna yang membuka usaha sampingan toko online, untuk menjamin perputaran uang terjaga stabil.

Ini Sederet Keuntungan Sistem Pembayaran Digital

5. Bisa Digunakan untuk Berbagai Layanan

Ada berbagai jenis produk digital payment, mulai dari kartu kredit, uang elektronik, internet banking, mobile banking, hingga dompet digital. Pengguna bisa memilih jenis digital payment sesuai dengan kebutuhan.

Satu aplikasi digital payment bisa menawarkan berbagai layanan transaksi. Transfer uang ke bank lain, melunasi tagihan bulanan, bahkan belanja secara online. Jika butuh jenis transaksi lain, pengguna bisa menambahkan fitur layanan dengan mudah.

Selain bermacam manfaat yang telah disebutkan di atas, pengguna sistem digital payment juga seringkali bisa mendapatkan promosi dan bonus setelah transaksi pembayaran. Jadi, Anda bisa mendapat untung lebih besar lagi.

Dengan fasilitas pembayaran elektronik, kini Anda tidak perlu repot lagi membawa uang banyak di dompet. Anda hanya cukup memegang kartu atau gadget untuk menyelesaikan semua transaksi keuangan harian Anda di mana saja. Itulah Sederet Keuntungan Sistem Pembayaran Digital.


Baca Juga:
8 Matauang yang paling sering Diperdagangkan
Jam buka pasar Forex (Market Hours)

0 Response to "Inilah Sederet Keuntungan Sistem Pembayaran Elektronik"

Post a Comment