Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya di Dunia Sepanjang Sejarah

Jeff Bezos Orang Terkaya di Dunia Sepanjang Sejarah
Jeff Bezos Orang Terkaya di Dunia Sepanjang Sejarah

Pendiri Amazon, Jeff Bezos baru saja dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia dengan jumlah kekayaan paling banyak sepanjang sejarah.Jeff Bezos disebut telah memecahkan rekor sebagai orang terkaya di dunia sepanjang sejarah modern, yang hitungannya telah disesuaikan dengan inflasi.

Jeff Bezos, merupakan orang terkaya yang masih hidup dan merupakan orang pertama di dalam sejarah moderen yang sanggup mengumpulkan kekayaan pribadi hingga USD 100 miliar lebih. Kekayaan pendiri dan sekaligus CEO Amazon raksasa e-commerce ini semakin menanjak tinggi. Kekayaannya kini berada di kisaran USD 150 miliar atau lebih dari Rp 2.100 triliun. Harta tersebut US$ 55 miliar (Rp 791 triliun) lebih banyak dari milik pendiri Microsoft, Bill Gates, yang menduduki posisi orang terkaya kedua di dunia menurut Bloomberg Billionaires Index.

Pria berkepala plontos ini pun disebut telah menjadi orang terkaya dalam sejarah modern, lagi-lagi mengalahkan Gates yang sempat mengumpulkan uang senilai 100 miliar dollar AS pada 1999 lalu. Jumlah harta kekayaan Gates senilai US$ 100 miliar ditahun 1999 dan bernilai sekitar US$ 149 miliar setelah di sesuikan dengan inflasi dalam dolar hari ini. Hal ini membuat Bezos secara resmi melewati jumlah harta kekayaan Bill Gates walau telah disesuaikan dengan inflasi.

Dengan jumlah harta kekayaannya ini juga, dia berhasil merebut rekor Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia selama 4 tahun berturut-turut. Menurut Forbes jumlah harta kekayaan Bill Gates pun tak pernah melebihi USD 100 miliar.

Kekayaan Bezos melonjak setelah nilai saham Amazon yang dimilikinya lompat 59% dalam 12 bulan. Harga saham perusahaan e-commerce itu awal pekan ini tercatat menembus kisaran 1.841,95 dollar AS dengan nilai kapitalisasi pasar 890 miliar dollar AS.

Bezos untuk pertama kalinya didaulat sebagai orang kaya nomor satu dunia pada 2017 lalu. Sejak itu kekayaanya justru meroket.

Setelah Bezos dan Gates, di urutan berikutnya menyusul investor Warren Buffet dengan kekayaan USD 83 miliar, lalu pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg dengan harta USD 82,9 miliar. Sementara seorang pengusaha Spanyol, Amancio Ortega, berada di urutan kelima dengan nilai USD 74,8 miliar. Dengan kata lain, tiga dari lima orang terkaya di dunia saat ini sebagian besar adalah tokoh-tokoh pimpinan dari industri teknologi.

Jeff mendirikan perusahaan Amazon tanggal 5 Juli 1994 yang dikemudian hari menjadi sumber utama kekayaannya. Orangtua Jeff terkejut saat jeff memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya di Wall Street untuk jualan buku secara daring.

Meski terkaget-kaget, orangtua Bezos justru ikut berinvestasi kurang lebih seperempat juta USD di perusahaannya pada waktu itu. Tak dikira, investasinya saat ini bisa bernilai hingga USD 30 miliar.

Tahun 1997 menjadi tonggak sejarah bagi perusahannya Amazon melakukan penawaran perdananya secara umum . Sejak saat itu, harga saham telah mencapai lebih dari 97.000 persen ,wow! Kenaikan saham Amazon jauh meninggalkan para pesaingnya.

Selama dua dekade terakhir, Amazon terus berkembang pesat. Raksasa e-commerce ini menjual berbagai ragam produk mulai dari barng elektronik hingga digital. Salah satu layanan yang paling menonjol adalah Amazon Web Services, yakni sebuah layanan cloud untuk perusahaan yang hingga Februari 2018 ini bernilai 17,5 miliar dollar AS.

Perkembangan dan Popularitas Amazon adalah sumber utama kekayaannya. Jeff menjadi pemegang saham paling besar di Amazon.

Aset-aset Bos Amazon

Property

Rumah mewah Jeff Bezos senilai Rp 306 miliar
Rumah mewah Jeff Bezos senilai Rp 306 miliar

Jeff kini menjadi salah satu pemilik tanah terluas di negeri Paman Sam,Dia dan keluarganya setidakya memiliki lima unit rumah di AS. Sebuah lahan dengan dua rumah mewah yang dibelinya di wilayah Kalorama, Washington DC, dengan luas sebesar 2.508 meter persegi. Tokoh tersohor seperti keluarga Obama, kemudian Ivanka Trump serta suaminya Jared Kushner, menjadi tetangga Bezos di sana.

Kabarnya ia berniat merenovasi kedua rumah mewah itu menjadi sebuah rumah tinggal untuk keluarganya. Yang lebih mengejutkan lagi, rumah mewah tersebut merupakan rumah paling besar di Washington DC.

The Post mencatat, Bezos dan keluarganya kemungkinan akan melakukan renovasi rumah mewah tersebut. Masih menurut sumber yang sama, disebut-sebut ia merogoh kocek sebesar US$ 23 juta atau setara Rp 306 miliar untuk bisa mendapatkan dua rumah mewah itu. dan dikabarkan membeli rumah itu pada 21 Oktober 2016 menggunakan nama Cherry Revocable Trust.

Selain itu Jeff juga mempunyai rumah lain bergaya Spanyol di Beverly Hills, California, juga memiliki sebuah peternakan di Van Horn, Texas, yang berfungsi sebagai basis untuk perusahaan eksplorasi ruang angkasa "Blue Origin".

Transportasi

Walaupun berlimpah harta dan uang, Jeff agak hemat untuk urusan transportasi yang digunakannya. Pada tahun 2013, dirinya masih mengendarai Honda Accord. Namun, Jeff juga memiliki jet pribadi Gulfstream G650ER 2015 senilai USD 65 juta. Jet tersebut merupakan jet bisnis terpanjang dan salah satu jet tercepat di dunia.

Namun belakangan Jeff Bezos, membeli Mercedes Benz Sprinter Van sebanyak 20.000 mobil. Mobil ini dibeli untuk kepentingan bisnis perusahaan miliknya tersebut. Untuk urusan perusahaan biasanya perusahaan lebih mengandalkan penyewaan mobil , sementara Jeff Bezos justru membeli semuanya, tunai. Jeff Bezos, mengandalkan mobil-mobil tersebut untuk mendistribusikan barang-barang mereka ke konsumen.

Jadi mereka tidak lagi terlalu mengandalkan jasa perusahaan pengiriman barang seperti FedEx, UPS, dan lain-lainnya.

Media

Salah satu daftar belanja Jeff yang penting belakangan ini adalah mengakuisisi The Washington Post sebesar USD 250 juta pada tahun 2013.

Washington Post merupakan salah satu media massa terkemuka di Amerika Serikat yang mempunyai pengaruh besar. Langkah ini merupakan aksi akuisisi Bezos pribadi.

Kepada karyawan dan pembaca, Bezos berjanji akan melestarikan tradisi jurnalistik surat kabar yang telah berusia 135 tahun itu. "Saya memahami peran penting Washington Post dalam kehidupan di Washington, DC, dan bangsa kita, dan nilai-nilai Post tidak akan berubah," tulis Bezos dalam surat resminya. Bezos tidak menjelaskan secara rinci motivasinya membeli Washington Post.

Kegiatan Amal 

Orang terkaya dunia sumbang Rp 29 Triliun
Orang terkaya dunia sumbang Rp 29 Triliun

Selama ini Jeff belum resmi berkomitmen menjadi seorang "filantropi". Sementara deretan hiper-miliarder lainnya seperti Warren Buffett dan Bill Gates telah lebi dulu berjanji untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka untuk amal.

Namun Jeff Bezos akhirnya mengumumkan yayasan amal yang akan dikelolanya untuk dikucuri dana besar. Padahal selama ini, Jeff dikenal cukup kikir untuk masalah menyumbang sehingga hal tersebut cukup mengejutkan.

Mengutip dari Business Insider, Jeff mendukung Mary's Place, yaitu organisasi di Seattle, Bezos dan istrinya, MacKenzie Bezos, mengumumkan dana sebesar USD 2 miliar (Rp 29 triliun) untuk membantu keluarga tunawisma dan membuat jaringan non-profit preschool untuk pelatihan di lingkungan komunitas berpenghasilan rendah.

Eksplorasi Luar Angkasa

Bos Amazon, Jeff Bezos di depan roket New Shepard produksi Blue Origin
Bos Amazon, Jeff Bezos di depan roket New Shepard produksi Blue Origin

Blue Origin mungkin adalah daftar belanjaan Jeff yang paling ambisius, yakni perusahaan eksplorasi ruang angkasa. Blue Origin telah beberapa kali melakukan uji coba yang sukses untuk New Shepard, yakni roket yang bisa digunakan kembali.

Bezos juga memiliki pesawat luar angkasa seperti halnya SpaceX milik Elon Musk dan Virgin Galactic milik Richard Branson. Jeff Bezos mendirikan Blue Origin agar akses ke ruang angkasa lebih terjangkau.

Untuk kedepan, Jeff ingin menjadikan Blue Origin dapat mendukung penerbangan luar angkasa yang bisa membawa manusia dalam jumlah besar dengan tujuan menjelajahi tata surya.

Baca Juga:
George Soros, Sang Kotroversial
Benjamin Graham, Mentor para Investor

0 Response to "Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya di Dunia Sepanjang Sejarah"

Post a Comment